Sabtu, 17 Desember 2016

Sebab Lahirnya Filsafat



Mengapa harus belajar filsafat? Untuk mengetahui sejak kapan munculnya ilmu pengetahuan. Jika ilmu pengetahuan hadir karena adanya filsafat, maka apa yang menyebabkan filsafa hadir ke dunia ini? Apa yang menyebabkan lahirnya filsafat? Filsafat hadir karena:
·         Pertentangan antara mitos dan logos. Dikalangan masyarakat Yunani dikenal adanya mitos, sebagai suatu keyakinan lama yang berkembang dengan pesat misalnya mite kosmologi yang melukiskan kejadian alam. Lama-lama mitos hilang dikalahkan oleh logos, maka logos penyebab pertama lahirnya filsafat.
·         Rasa ingin tahu. Karena mite hanya bersifat dongeng    belaka, maka orang mulai berpikir rasional, untuk mencari jawaban-jawaban yang logis. Keingintahuan terhadap alam semesta, keingintahuan terhadap penciptanya dsb.
·         Rasa kagum. Menurut Plato, filsafat lahir adanya kekaguman manusia tentang dunia dan lingkungannya. Para filsuf atas kekagumannya mencoba merumuskan asal mula alam semesta.Thales bapak filsafat Yunani, mengatakan alam semesta berasal dari air.
·         Faktor lain yang menyebakan lahirnya filsafat adalah kesusastraan.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar