Filsafat
pendidikan islam merupakan suatu kajian secara filososfis mengenai berbagai
masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al-Qur’an
dan Hadits sebagai sumber utama serta pendapat para ahli sebagai sumber
pendukung. Adapun yang dikembangkan dan dikaji disini adalah masalah filsafat
pendidikan islam, maka pendekatan yang harus digunakan adalah perpaduan dari
ketiga disiplin ilmu tersebut yaitu filsafat, ilmu pendidikan dan ilmu
keislaman. Dimana ilmu-ilmu tersebut dikaji secara radikal, logis, sistematis
dan universal.
Filsafat
pendidikan mempunyai beberapa manfaat. Omar Muhammad al-Toumy
al-Syaibany mengemukakan tiga manfaat dari mempelajari filsafat pendidikan islam yaitu :
1.
Filsafat pendidikan islam dapat menolong para perancang
pendidikan dan orang-orang yang melaksanakannya alam suatu negara untuk membentuk pemikiran sehat
terhadap proses pendidikan.
2.
Filsafat pendidikan dapat menjadi asas
yang terbaik untuk penilaian pendidikan dalam arti yang menyeluruh.
3.
Filsafat islam akan menolong dalam memberikan
pendalaman bagi faktor-faktor spiritual, kebudayaan, sosial dan politik negara.
Selain
kegunaan diatas tersebut, filsafat pendidikan islam juga digunakan sebagai
proses kritik–kritik tentang metode-metode yang digunakan dalam proses
pendidikan islam, sekaligus memberikan arahan mendasar tentang bagaimana metode
tersebut harus digunakan atau diciptakan agar efektif untuk mencapai tujuan.
Lebih lanjut lagi, Muzayyin Arifin menyimpulkan bahwa filsafat pendidikan islam
harus bertugas dalam tiga dimensi, yakni :
1. Memebrikan landasan
dan sekaligus mengarahkan kepada proses peaksanaan pendidikan yang berdasar
ajaran islam
2. Melakukan kritik dan
koreksi terhadap proses pelaksanaan
3. Melakukan evaluasi
terhadap metode dari proses pendidikan
Itulah
beberapa manfaat dari mempelajari filsafat pendidikan islam. Oleh karenanya,
diharapkan agar kita dapat mempelajari filsafat pendidikan islam sesuai dengan
manfaatnya tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar