Sabtu, 17 Desember 2016

FILSAFAT BUDAYA



Filsafat budaya salah satu kajian baru dalam ranah filsafat. Keunikan filsafat budaya karena beberapa unsur pembahasannya terkait dengan bidang studi lainnya, seperti filsafat sejarah, filsafat manusia atau antropologi, sosiologi, psikologi, dan bahkan biologi. Masing-masing dari bidang studi tersebut dapat dijadikan sebagai penopang dalam menjelaskan filsafat budaya. Telah banyak filsuf dan ilmuan yang telah memberikan sumbangsih pemikiran dalam memaparkan filsafat budaya. Salah satu faktor mengapa filsafat budaya semakin diminati, adalah karena banyaknya kejadian besar yang telah terjadi di dunia ini, yang selanjutnya memberikan andil dalam perubahan pola kehidupan manusia.
Filsafat budaya ialah suatu rangkaian usaha filosofis dalam menjelaskan fenomena-fenomena budaya. Filsafat budaya berusaha menganalisa unsur-unsur budaya beserta kaidah-kaidahnya, struktur, derajat, beserta nilai-nilai yang mengiringinya. Meskipun filsafat budaya ini lahir di abad 20 namun akarnya telah ada pada masa Sokrates dan bahkan sebelumnya.
Jika kita mendefinisikan budaya secara sederhana kita dapat mengatakan bahwa budaya ialah produk dan kreasi kehidupan sosial manusia. Oleh sebab itu dalam budaya dapat kita temukan seni, bahasa, mitos, agama, pengetahuan, etika, dan tradisi. Unsur-unsur budaya tersebut yang merupakan produk sebuah komunitas masyarakat manusia, dapat menjadi objek-objek pembahasan dalam filsafat budaya. Beberapa pertanyaan yang membahas filsafat budaya antara lain berikut ini;
  1. Apakah budaya itu ada ? apakah budaya itu hanya ilusi semata ! pertanyaan ini berkenaan dengan realitas ontologi budaya.
  2. Apakah kita dapat mengatahui atau mempersepsi budaya ? apakah ada metodologi khusus yang digunakan dalam memahami budaya ? pertanyaan ini penting karena perbedaan dalam mendefinisikan budaya berasal dari bagaimana memahami dan mengetahui budaya dengan baik.
  3. Apakah adat dan tradisi bagian dari budaya ? apakah agama bagian dari budaya ? apakah teknnologi bagian dari budaya ? apa relasi antara budaya dengan ketiga unsur tersebut yaitu tradisi, agama, dan teknologi ? apakah budaya cakupannya lebih global dibandingkan dengan yang lainnya ?
  4. Apakah yang menyebabkan sebuah budaya muncul ? apa kebutuhan kita terhadap sebuah budaya ? apa manfaat budaya dalam kehidupana manusia ?
  5. Darimanakah asal mula budaya ? apakah budaya mucul dari fitrah manusia ? apakah budaya hasil dari kreasi manusia agung seperti Nabi atau manusia lainnya ? apakah dapat dikatakan bahwa budaya hasil dari iradah Ilahi ?
  6. Apakah dimungkinkan ada manusia tanpa memiliki sebuah kebudayaan tertentu ?
  7. Bagaimanakah posisi budaya diantara disiplin ‘human science’ lainnya ?
  8. Bagaimana menjelaskan posmodernisme jika dilihat dari pendekatan budaya ?
Selain dari pertanyaan di atas mengenai filsafat budaya, ternyata ada banyak pembahasan lain yang berkaitan dengan budaya, seperti keragaman budaya, budaya dunia, budaya agama, budaya sekuler, dialog antar budaya, dan pembahasan lainnya yang terkait dengan budaya. Filsafat antar budaya salah satu cabang penting dari filsafat budaya. Pembahasan filsafat antar budaya berakar dari budaya yang berbeda-beda serta mengakui realitas keragaman budaya tersebut sebagai langkah membangun proses kerja-sama dan dialog yang disertai dengan kesepemahaman pemikiran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar