Berikut
ini aspek-aspek yang mempengaruhi perkembangan peserta didik, antara lain :
1. Pertumbuhan Fisik
Pertumbuhan
fisik manusia merupakan proses perubahan menjadi lebih besar dan lebih panjang
yang terjadi sebelum lahir hingga dewasa.
a.
Pertumbuhan
sebelum lahir
Pada masa itu pertumbuhan dan
perkembangan manusia sangat kompleks, karena terbentuknya organ-organ tubuh dan
tersusun jaringan syaraf yang membentuk system syaraf yang lengkap. Pertumbuhan
dan perkembagan janin diakhiri saat kelahiran.
b. Pertumbuhan setelah lahir
Setiap bagian fisik seorang individu
akan terus mengalami perubahan karena pertumbuhan, sehingga msing-masing
komponen tubuh akan mencapai tingkat kematangan untuk menjalankan fungsinya.
Jaringan otak atau syaraf sentral akan tumbuh dengan cepat karena syaraf pusat
itu akan menjadi sentral dalam menjalankan fungsi jaringan syaraf diseluruh
tubuh manusia.
Pertumbuhan
fisik seorang anak dapat dibagi menjadi empat masa utama. Dua masa ditandai
dengan pertumbuhan cepat dan dua masa berikutnya ditandai dengan pertumbuhan
yang lambat. Selama masa pralahir dan 6 bulan pascalahir, pertumbuhan tubuhnya
cepat. Kemudian 1 tahun pasca lahir hingga memasuki remaja pertumbuhannya
lambat. Pada tahap remaja, usia 8-15 tahun atau 12-16 tahun, pertumbuhan
fisiknya akan cepat kembali (masa pubertas). Masa ini selanjutnya disusul
dengan masa tenang sampai ia masuk tahap dewasa. Pengaruh jenis kelamin juga
mempengaruhi pertumbuhan. Pertumbuhan anak laki-laki lebih cepat dibandingkan
dengan anak perempuan pada usia tertentu, dan pada suatu saat nanti pertumbuhan
perempuan akan lebih cepat pada usia tertentu.
2. Perkembangan intelektual
Intelektual
merupakan kata lain dari berpikir. Kemampuan berpikir dipengaruhi oleh
kematangan otak yang mampu menunjukan fungsinya secara baik. Perkembangan ini
juga dikenal dengan nama perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif menurut
Piaget, mengikuti tahap-tahap sebagai berikut:
a.
Tahap
sensori motor (0-2 tahun)
Masa
ketika bayi menggunakan system penginderaan dan aktivitas motoric untuk
mengenal lingkungannya.
b. Tahap pra-operasional (2-7 tahun)
Pada
tahap ini, kemampuan skema kognitifnya masih terbatas sehingga suka meniru
perilaku orang lain.
c.
Tahap
operasional konkret (7-11 tahun)
Peserta
didik sudah mampu berpikir sistematis mengenai benda-benda dan
peristiwa-peristiwa yang konkret. Dalam tahap ini, anak mulai mengembangkan 3
hal, yaitu: identifikasi (mengenal sesuatu), negasi (mengingkari sesuatu) dan
raprokasi (mencari hubungan timbal balik antara beberapa hal).
d. Tahap operasional (11-15 tahun)
Peserta
didik sudah menginjak usia remaja, ia mampu berpikir untuk memecahkan masalah
dengan lingkungan yang ia respons dan ia juga mampu mempelajari materi
pelajaran yang abstrak seperti agama dan lain-lain.
3. Emosi
Emosi
dan perasaan merupakan salah satu potensi khusus dimiliki manusia dalam
hidupnya. Dalam proses hidunya, banyak hal yang dibutuhkan manusia. Kebutuhan
tersebut ada yang primer (kebutuhan yang tidak dapat ditunda) dan ada yang
sekunder (kebutuhan yang dapat ditunda). Jika kebutuhan individu terpenuhi maka
ia akan merasa senang dan begitu juga sebaliknya jika kebutuhan tersebut tidak
terpenuhi maka ia akan merasa kecewa. Hal ini lah yang dimaksud dengan emosi
manusia, didalamnya mengandung unsur senang atau tidak senang. Emosi merupakan
gejala perasaan yang disertai dengan perubahan dan perilaku fisik. Seperti
marah yang ditunjukan dengan teriakan atau tingkah laku lain.
4. Sosial
Manusia adalah makhluk sosial, dimana
ia membutuhkan orang lain dalam hidupnya dan tidak bisa hidup tanpa bantuan
orang lain.
5. Bahasa
Bahasa merupakan alat komunikasi
manusia. Dengan bahasa seseorang bisa menyampaikan isi pikirannya kepada orang
lain sehingga apa yang ia butuhkan bisa ia dapatkan.
6. Bakat khusus
Bakat merupakan kemampuan tertentu yang
dimiliki seorang individu yang hanya dengan sedikit latihan, kemampuannya dapat
berkembang dengan baik
7. Sikap, nilai dan moral
Tujuan akhir dari proses belajar
dikelompokkan menjadi tiga sasaran yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar