Filsafat sebagai pandangan hidup
terkait dengan sistem nilai yang sekaligus menjadi pandangan hidup. Dalam
pandangan islam, sistem nilai jadi pandangan hidup
ini menyatu dan identik dengan nilai-nilai ajaran islam itu sendiri. Nilai-nilai
ajaran itu pula yang kemudian diupayakan
untuk diwujudkan dalam kehidupan yang nyata, antara lain melalui proses
pendidikan.
Filsafat Pendidikan islam adalah konsep berfikir tentang pendidikan
yang bersumber atau berlandaskan pada ajaran
agama islam. Filsafat ini membahas tentang hakikat kemampuan manusia untuk dapat
dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh
pribadinya dijiwai oleh ajaran Islam, serta membahas pertanyaan mengapa manusia harus dibina menjadi
hamba Allah yang berkepribadian demikian (sesuai ajaran islam).
Dilihat dari fungsinya, filsafat
Pendidikan islam
adalah pemikiran mendasar yang melandasi dan mengarahkan proses pelaksanaan
pendidikan islam. Filsafat ini juga memberikan
gambaran tentang sampai dimana proses tersebut dapat direncanakan dan dalam
ruang lingkup serta dimensi bagaimana proses tersebut dilaksanakan.
Filsafat pendidikan islam menjadi landasan dan sekaligus
pemberi arah pada pencapaian tujuan mesti pula
dijelaskan nilai-nilai ajaran islam.
Sejalan dengan hal tersebut, maka filsafat pendidikan sebagai produk pemikiran
filosofis terhadap masalah pendidikan tak dapat dilepaskan dari rujukan ke
sumber ajaran islam, yakni Al-Qur’an dan Hadits.
Filsafat pendidikan islam dapat diartikan sebagai
pelaksanaan pandangan dan kaidah pemikiran filosofis dalam pengalaman
masyarakat Muslim yang disebut pendidikan. Kaidah pemikiran filosofis yang
bersumber dari nilai-nilai ajaran islam.
Filsafat pendidikan islam juga
dapat diartikan sebagai gagasan tentang pelaksanaan pendidikan islam yang bersumber dari nilai-nilai
ajaran islam atau penerapan pemikiran filosofis
tentang pendidikan islam yang
diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan islam.
Dari pemahaman tersebut dapat dikatakan
bahwa pemikiran filsafat pendidikan islam
baru berbentuk gagasan. Sebagai gagasan, pemikiran filsafat dimaksud belum
dapat diaplikasikan dalam aktifitas pendidikan islam.
Namun gagasan tersebut dijadikan sumber bagi perumusan teori-teori keilmuan
tentang pendidikan islam.
Teori-teori ini menghasilkan rangkaian dari komponen yang terangkai dalam
sistem pendidikan islam.
Disini terlihat bagaimana hubungan dan kaitan antara filsafat pendidikan islam, teori kependidikan islam serta sistem pendidikan islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar