Rabu, 21 Desember 2016

Filsafat Dalam Pendidikan Islam



               Filsafat sebagai pandangan hidup terkait dengan sistem nilai yang sekaligus menjadi pandangan hidup. Dalam pandangan islam, sistem nilai jadi pandangan hidup ini menyatu dan identik dengan nilai-nilai ajaran islam itu sendiri. Nilai-nilai ajaran itu pula yang kemudian diupayakan untuk diwujudkan dalam kehidupan yang nyata, antara lain melalui proses pendidikan.
               Filsafat Pendidikan islam adalah konsep berfikir tentang pendidikan yang bersumber atau berlandaskan pada ajaran agama islam. Filsafat ini membahas tentang hakikat kemampuan manusia untuk dapat dibina dan dikembangkan serta dibimbing menjadi manusia muslim yang seluruh pribadinya dijiwai oleh ajaran Islam, serta membahas pertanyaan mengapa manusia harus dibina menjadi hamba Allah yang berkepribadian demikian (sesuai ajaran islam).
               Dilihat dari fungsinya, filsafat Pendidikan islam adalah pemikiran mendasar yang melandasi dan mengarahkan proses pelaksanaan pendidikan islam. Filsafat ini juga memberikan gambaran tentang sampai dimana proses tersebut dapat direncanakan dan dalam ruang lingkup serta dimensi bagaimana proses tersebut dilaksanakan.  
               Filsafat pendidikan islam menjadi landasan dan sekaligus pemberi arah pada pencapaian tujuan mesti pula dijelaskan nilai-nilai ajaran islam. Sejalan dengan hal tersebut, maka filsafat pendidikan sebagai produk pemikiran filosofis terhadap masalah pendidikan tak dapat dilepaskan dari rujukan ke sumber ajaran islam, yakni Al-Qur’an dan Hadits.
               Filsafat pendidikan islam dapat diartikan sebagai pelaksanaan pandangan dan kaidah pemikiran filosofis dalam pengalaman masyarakat Muslim yang disebut pendidikan. Kaidah pemikiran filosofis yang bersumber dari nilai-nilai ajaran islam. Filsafat pendidikan islam juga dapat diartikan sebagai gagasan tentang pelaksanaan pendidikan islam yang bersumber dari nilai-nilai ajaran islam atau penerapan pemikiran filosofis tentang pendidikan islam yang diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan islam.
           Dari pemahaman tersebut dapat dikatakan bahwa pemikiran filsafat pendidikan islam baru berbentuk gagasan. Sebagai gagasan, pemikiran filsafat dimaksud belum dapat diaplikasikan dalam aktifitas pendidikan islam. Namun gagasan tersebut dijadikan sumber bagi perumusan teori-teori keilmuan tentang pendidikan islam. Teori-teori ini menghasilkan rangkaian dari komponen yang terangkai dalam sistem pendidikan islam. Disini terlihat bagaimana hubungan dan kaitan antara filsafat pendidikan islam, teori kependidikan islam serta sistem pendidikan islam. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar