Sebagaimana filsafat pendidikan pada
umumnya, maka
filsafat pendidikan Islam juga menyangkut pemikiran-pemikiran yang terkait
dengan masalah pendidikan, yakni pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam
adalah pedoman bagi perancang dan orang-orang yang bekerja dalam bidang
pendidikan dan pengajaran. Dengan demikian filsafat pendidikan Islam pada
hakikatnya merupakan landasan dasar penyusunan bagi bangunan sebuah sistem pendidikan Islam itu sendiri. Adapun
objek yang dibahas dalam filsafat pendidikan Islam adalah :
A.
Objek
Material
Yaitu
sama halnya filsafat pada umumnya objek ini adalah sesuatu yang ada , tampak
ataupun tidak tampak. Objek yang tampak adalah dunia empiris, sedangkan objek
yang tidak tampak adalah metafisika.
B.
Objek
Formal
Yaitu
sudut pandang yang menyeluruh, radikal dan objektif tentang pendidikan Islam
untuk diketahui hakikatnya. Objek formal ini terbagi menjadi dua kerangka
bahasan yaitu:
1. Secara Makro
Objek filsafat pendidikan secara makro
adalah objek filsafat itu sendiri, mencari keterangan secara radikal mengenai
Tuhan, manusia dan alam semesta yang tidak dapat dijangkau oleh pengetahuan
biasa.
2. Secara Mikro
Adapun secara mikro adalah segala hal
yang merupakan faktor-faktor dan komponen alam pendidikan. Faktor dan komponen
pendidikan ada lima yaitu tujuan pendidikan, pendidik atau guru, anak didik
atau murid, alat pendidik (kurikulum, metode dan evaluasi) serta lingkungan
pendidikan. Abudin Nata menyebutkan bahwa objek filsafat pendidikan secara
mikro yakni pemikiran yang serba mendalam, mendasar, sistematis, terpadu,
logis, menyeluruh dan universal mengenai konsep-konsep pendidikan yang
didasarkan atas ajaran Islam.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar