Senin, 26 Desember 2016

Objek Filsafat Pendidikan Islam



           Sebagaimana filsafat pendidikan pada umumnya, maka filsafat pendidikan Islam juga menyangkut pemikiran-pemikiran yang terkait dengan masalah pendidikan, yakni pendidikan Islam. Filsafat pendidikan Islam adalah pedoman bagi perancang dan orang-orang yang bekerja dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Dengan demikian filsafat pendidikan Islam pada hakikatnya merupakan landasan dasar penyusunan bagi bangunan sebuah sistem pendidikan Islam itu sendiri. Adapun objek yang dibahas dalam filsafat pendidikan Islam adalah :
A.   Objek Material
      Yaitu sama halnya filsafat pada umumnya objek ini adalah sesuatu yang ada , tampak ataupun tidak tampak. Objek yang tampak adalah dunia empiris, sedangkan objek yang tidak tampak adalah metafisika.
B.    Objek Formal
      Yaitu sudut pandang yang menyeluruh, radikal dan objektif tentang pendidikan Islam untuk diketahui hakikatnya. Objek formal ini terbagi menjadi dua kerangka bahasan yaitu:
1.     Secara Makro  
Objek filsafat pendidikan secara makro adalah objek filsafat itu sendiri, mencari keterangan secara radikal mengenai Tuhan, manusia dan alam semesta yang tidak dapat dijangkau oleh pengetahuan biasa.
2.    Secara Mikro
Adapun secara mikro adalah segala hal yang merupakan faktor-faktor dan komponen alam pendidikan. Faktor dan komponen pendidikan ada lima yaitu tujuan pendidikan, pendidik atau guru, anak didik atau murid, alat pendidik (kurikulum, metode dan evaluasi) serta lingkungan pendidikan. Abudin Nata menyebutkan bahwa objek filsafat pendidikan secara mikro yakni pemikiran yang serba mendalam, mendasar, sistematis, terpadu, logis, menyeluruh dan universal mengenai konsep-konsep pendidikan yang didasarkan atas ajaran Islam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar