Sabtu, 17 Desember 2016

Pendidikan Holistik Merupakan Filsafat Pendidikan



Pendidikan holistik adalah suatu filsafat pendidikan yang besumber dari pemikiran bahwa pada dasarnya setiap individu dapat menemukan identitas dirinya, tujuan hidupnya dan makna hidupnya melalui hubungan yang dijalin dengan masyarakat dan nilai-nilai spiritual yang dimilikinya serta lingkungan alam yang ada di sekitarnya. Bila dilihat dari segi historisnya pendidikan holistik bukanlah sebuah hal yang baru di dalam kehidupan manusia dimana hal ini sebenarnya telah diterapkan sejak lama dan dikenal dengan cukup luas.
Pendidikan holistik pada umumnya dilakukan dengan tujuan untuk membantu didalam mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki oleh individu, dimana hal tersebut dilakukan dalam suasana pembelajaran yang berbeda dan lebih menyenangkan, demokratis serta humanis. Hal ini akan diterapkan melalui pengalaman dalam berinteraksi dengan lingkungan yang terdapat di sekitar kita.
Pendidikan holistik juga diharapkan dapat membantu peserta didiknya menjadi seseorang pribadi yang mandiri, dimana orang tersebut mampu mendapatkan kebebasan secara psikologis, mampu mengambil keputusan yang tepat, dan baik bagi dirinya, serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya. Di dalam pendidikan holistik, segala kebutuhan dan potensi yang dimiliki individu akan menjadi sebuah hal yang sangat diperhatikan. Dimana setiap individu akan dilihat secara utuh baik itu dari segi intelektualitas, artistik, emosional, kreatifitas, fisik maupun spiritual yang dimiliki sejak awal.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar